Pemberdayaan UMKM Olahan Belimbing Wuluh Dan Stik Lele Sebagai Produk Desa Wisata Di Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.33005/vsj.v3i2.99Keywords:
Branding; Kemasan; UMKM; Produk.Abstract
Pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 ternyata membawa banyak dampak signifikan pada setiap aspek kehidupan termasuk dalam bidang ekonomi. Adanya pembatasan dalam berbagai kegiatan maka terjadi pula penurunan penjualan pada berbagai usaha termasuk umkm. Banyak pelaku UMKM mengeluhkan penurunan penjualan dalam UMKM. Maka, media online sangat dibutuhkan dalam meningkatkan penjualan. Mahasiswa KKN-T 83 UPNVJT mempunyai tujuan melakukan branding pada salah satu UMKM Unggulan Sambiarum yaitu UMKM Yang berbahan dasar dari belimbing wuluh. Branding merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku suatu usaha. Branding membantu pelaku Usaha, Mikro, dan Menengah untuk lebih mempromosikan produknya. Maka, kami bermaksud membantu branding UMKM Unggulan Sambiarum dari belimbing wuluh dan stik lele. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan membuat desain kemasan produk, foto produk . Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan observasi dan wawancara. Kegiatan bertujuan untuk membuat image yang lebih fresh dari produk itu sendiri sehingga bisa meningkatkan penjualan dan menarik konsumen baru.