Pemberdayaan UMKM Olahan Belimbing Wuluh Dan Stik Lele Sebagai Produk Desa Wisata Di Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya

Authors

  • Novaninda Ayu Cipta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Niniek Imaningsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Cholid Fadil Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/vsj.v3i2.99

Keywords:

Branding; Kemasan; UMKM; Produk.

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 ternyata membawa banyak dampak signifikan pada setiap aspek kehidupan termasuk dalam bidang ekonomi. Adanya pembatasan dalam berbagai kegiatan maka terjadi pula penurunan penjualan pada berbagai usaha termasuk umkm. Banyak pelaku UMKM mengeluhkan penurunan penjualan dalam UMKM. Maka, media online sangat dibutuhkan dalam meningkatkan penjualan. Mahasiswa KKN-T 83 UPNVJT mempunyai tujuan melakukan branding pada salah satu UMKM Unggulan Sambiarum yaitu UMKM Yang berbahan dasar dari belimbing  wuluh. Branding merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku suatu usaha. Branding membantu pelaku Usaha, Mikro, dan Menengah untuk lebih mempromosikan produknya. Maka, kami bermaksud membantu branding UMKM Unggulan Sambiarum dari belimbing wuluh dan stik lele. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan membuat desain kemasan produk, foto produk . Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan observasi dan wawancara. Kegiatan bertujuan untuk membuat image yang lebih fresh dari produk itu sendiri sehingga bisa meningkatkan penjualan dan menarik konsumen baru.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Novaninda Ayu Cipta, Niniek Imaningsih, & Cholid Fadil. (2022). Pemberdayaan UMKM Olahan Belimbing Wuluh Dan Stik Lele Sebagai Produk Desa Wisata Di Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya. VSJ | Veteran Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.33005/vsj.v3i2.99