Pelatihan Strategi Dan Pengembangkan Usaha Mikro Kecil Jamu Uyup Tradisional “Mbok Yoto” Di Masa Pandemi Melalui Inovasi Produk
DOI:
https://doi.org/10.33005/vsj.v3i1.30Keywords:
Pelatihan; Pengembangan; Inovasi Produk.Abstract
Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh keadaan salah satu UMK jamu uyup tradisional “mbok Yoto” yang mengalami penurunan animo beli konsumen khususnya di masa pandemi covid-19. Terlebih metode marketing yang kurang tepat sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar. Harapan dari pelatihan ini adalah adanya strategi dalam pengembangan usaha melalui inovasi produk. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini ada dua, (1) penyuluhan strategi dan pengembangan melalui inovasi produk, (2) mengajak diskusi dan mencari solusi. Menurut peserta, hasil yang didapatkan dari pelatihan ini sangat bermanfaat dan bisa menekan nominal kerugian serta memaksimalkan laba hingga 4 kali lipat. Hal ini tentu tidak lepas dari keterbukaan informan dan antusias peserta untuk mengubah strategi dan mengembangan usahanya melalui inovasi produk.